Please Wait ...

EBT Berpotensi Cerah, Obligasi Tamaris Hydro Oversubscribe

PT Tamaris Hidro melakukan program penawaran Obligasi sebesar Rp750 miliar (tujuh ratus lima puluh miliar rupiah). Hasil yang diperoleh oleh PT Tamaris Hidro adalah bahwa minat investor terhadap penawaran obligasi tersebut sangat tinggi. Sehingga obligasi tersebut mengalami oversubscribed.

Kelebihan permintaan tersebut dirinci sebagai berikut: untuk investor yang committed tercatat memesan obligasi sebesar Rp937,8 miliar, sedangkan investor yang uncommitted pemesanannya mencapai hingga Rp1,4 triliun. Obligasi Tamaris Hydro I Tahun 2022 mendapat peringkat triple A dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Obligasi itu dibagi menjadi 3 seri. Seri A dengan jumlah pokok Rp200 miliar dengan tenor 3 tahun dan kupon bunga 5,5 persen, Seri B sebesar Rp250 miliar dengan tenor 5 tahun dan kupon bunga sebesar 7 persen, sedangkan Seri C sebesar Rp300 miliar dengan tenor 7 tahun dan kupon bunga 8,1 persen. Pembayaran kupon dilakukan setiap triwulan.
 

Widi Mahardi Exec. Dir Corporate Finance, Portfolio Mgmt & Treasury PT Tamaris Hidro mengatakan, dana dari hasil Penawaran Umum Obligasi Tamaris Hydro I Tahun 2022 (setelah dikurangi dengan biaya emisi), akan digunakan untuk pelunasan sebagian fasilitas kredit sindikasi Perseroan dan entitas anak. “Dana yang kita dapat dari obligasi ini sepenuhnya akan kita gunakan untuk refinancing sebagian dari utang pokok yang kita miliki saat ini. Dengan total utang pokok sindikasi sebesar Rp2,3 triliun, sehingga saat ini kita akan menurunkan pinjaman kita di obligasi yang tadinya Rp2,3 triliun turun Rp750 miliar, menjadi Rp1,6 triliun,” kata Widi secara virtual, Selasa (22/3/2022). Sebagai portofolio investasi, Obligasi tersebut relatif aman karena memiliki dua dukungan kuat. Pertama, penerbitan Obligasi Tamaris Hydro I Tahun 2022 tersebut memiliki dukungan likuiditas dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dengan jumlah fasilitas standby maksimal Rp750.000.000.000,- (tujuh ratus lima puluh miliar rupiah). Dana tersebut dapat digunakan untuk pemenuhan Dana Cadangan Pembayaran Bunga dan/atau Dana Cadangan Pelunasan Pokok Obligasi. Obligasi Tamaris Hydro I Tahun 2022 didukung dengan sinking fund
 

The Largest Mini-Hydropower Producer To Energize The Nation